Jumat, 05 Juni 2009

Mengatasi lupa password Deepfreeze ( Barbagai versi )

Masalah mengatasi lupa password DeepFreeze tampaknya jadi topik hangat yang terus berkelanjutan. Bertahun-tahun lewat topik yang sama ternyata terus saja ditanyakan orang. Ada banyak cara untuk mengatasi lupa password DF. Tetapi memang ada cara yang enak dan cara yang kurang enak. Ada cara yang berlaku untuk DF versi tertentu saja. Ada juga cara yang bisa kita anggap berlaku umum.


Bagi anda yang belum tahu saya kenalkan singkat saja : Apa itu DeepFreeze ???


Deep Freeze merupakan salah satu program 'pengaman' paling populer di Warnet. Setahu saya banyak sekali warnet yang mengamankan komputernya dengan Deep Freeze. Program ini memiliki fitur dan tampilan yang sederhana tetapi cukup powerfull, yaitu mengembalikan apa saja baik system maupun data yang dia proteksi saat komputer restart. Jadi biarpun ada user usil yang merubah bahkan merusak system atau ada virus yang membuat system tidak karuan - drive yang diproteksi akan dikembalikan dengan cepat seperti semula.



Cara kerjanya DF tidak langsung melakukan bloking yang langsung bisa kita lihat. Tetapi begitu komputer restart, DF akan menendang apa saja selain hasill setting mula-mula pada drive yang dia proteksi. Jadi file yang anda hapus akan dikembalikan lagi, file yang anda ubah atau anda simpan baru juga akan dihapus. Intinya kembali ke kondisi drive semula.



Biasanya admin warnet membagi harddisknya menjadi dua partisi atau lebih yaitu drive C yang biasanya diproteksi dengan Deep Freeze serta drive lain yang berisi data user. Jadi user masih bisa menyimpan datanya di harddisk warnet tanpa ada masalah kehilangan data.


Masalahnya : Banyak admin warnet yang saking keenakan dengan kehebatan Deep Freeze malah jadi terlena sehingga dia malah jadi lupa password yang dulu pernah dia masukkan.


Setelah berbulan-bulan atau berminggu-minggu lewat, ketika dia ingin menginstall program baru, admin ini bingung karena password Deep Freezenya lupa. Kalau Deep Freeze tidak didisable dulu (Boot Thawed) maka program yang diinstall otomatis akan dihapus lagi oleh DeepFreeze. Sementara untuk mendisable Deep Freeze, dia butuh password yang dulu dia masukkan. DeepFreeze (serta banyak juga program security yang lain) tidak bisa diuninstall atau tidak mau diinstall ulang bila proteksinya belum dibuka terlebih dahulu.


Untuk menginstall ulang atau menguninstall DeepFreeze, caranya proteksinya harus dibuka dulu, setelah itu baru kita jalankan file instalasinya. Jadi yang kita butuhkan adalah pertama : password yang dulu pernah kita masukkan pada file konfigurasi DeepFreeze serta yang kedua : file instalasi Deep Freeze. Bila anda tidak memiliki keduanya anda tidak bisa menguninstall DeepFreeze. Tentu saja yang saya maksud di sini adalah uninstall secara normal - sedangkan bila anda memang lupa passwordnya, anda jangan terlalu khawatir karena ada banyak trick untuk menguninstall maupun mereset password DeepFreeze.


Berikut ini berbagai macam cara untuk menaklukkan DF yang passwordnya kita lupa :



Cara memakainya mudah sekali, persis seperti memakai DeepFreeze. Anda tinggal memilih Boot Froozen, Boot Thawed on Next atau Boot Thawed. Pilih saja Boot Thawed, maka proteksi Deep Freeze akan dibuka. (yang dibuka adalah proteksi DeepFreeze bukan passwordnya)


Setelah komputer anda restart, tampak icon DeepFreeze pada Taskbar ada tanda silangnya, menunjukkan proteksi DeepFreeze tidak aktif. Anda tetap tidak bisa masuk DeepFreeze karena bukan passwordnya yang direset tetapi proteksinya. Tetapi sekarang anda sudah bisa menguninstall DeepFreeze. Buka file yang anda gunakan untuk menginstall DeepFreeze. Jika tidak punya, ya terpaksa cari di internet atau pinjam milik Warnet lain. Sekarang anda sudah diperbolehkan masuk ke dalam file instalasinya. Anda bisa menguninstall DeepFreeze. Trick ini sudah saya coba untuk DeepFreeze5.20.


Untuk DeepFreeze versi Evaluation, selain memakai Unfreezer, anda bisa juga mencoba merubah jam komputer menjadi 60 hari atau lebih berikutnya. Bila 60 hari masih belum bisa ya anda ubah lagi ke tanggal lain, misalnya saja 100 hari atau 1 tahun sekalian. Ini akan membuka proteksi Deep Freeze. Lalu langkah berikutnya sama yaitu jalankan lagi file instalasinya.


- Untuk membuka Deep Freeze versi lama yaitu Deep Freeze versi 3 (untuk Win98) juga ada pembuka passwordnya yaitu XDeepFreeze.exe.

Secara garis besar caranya adalah sebagai berikut :


Cari XdeepFreeze.exe di http://geocities.com/macancrew/xdeepfreeze.zip atau cari dengan Google. Ektrak ke C:\XDeepfreeze. Jalankan "Run_Me.exe" yang akan menghasilkan file "mcr.bat" dan "XDeepFreeze.exe" akan terload.


Pada XDeepFreeze, Tekan "Stop DeepFreeze", untuk menghentikan "frzstate.exe". Pada XDeepFreeze, Tekan "Clean Registry", untuk membersihkan registry yang dibuat deepfreeze pada saat installasi. Masuk ke MS-Dos Mode, Jalankan "command.com"(Sudah disertakan pada "xdeepfreeze.zip"). Kemudian Jalankan "mcr.bat" (Berisi perintah yang akan menghapus file "persifrz.vxd"). Ketik "Exit" untuk masuk ke Windows kembali. DeepFreeze sudah tidak berfungsi lagi. Sebagai catatan karena Xdeepfreeze.exe ditulis dengan Visual Basic anda butuh Msvbvm60.dll untuk menjalankan program itu. Bagi warnet yang kebetulan masih memakai DeepFreeze versi yang lama (untuk Windows 98) maka bisa mencoba sendiri trick di atas. Trick ini seingat saya pernah diposting di Jasakom.


  • Membuka DeepFreeze versi 6 (versi terbaru saat ini kalo nggak salah) : Setahu saya sampai saat ini, program pembuka password DeepFreeze versi 6 belum ada.
    Beberapa ide yang saya baca di internet untuk membuka program ini adalah sebagai berikut :

-Repair Instalasi Windows XP. Caranya : siapkan CD Windows XP, atur BIOS untuk Boot dari CDROM. Install Windows, pilih Repair Setup. ( Keterangan : Bila anda memakai Windows XP Professional, maka sebelum install Windows juga ada pilihan repair.Muncul 3 pilihan : Enter untuk install, tekan R untuk repair, tekan F3 untuk Quit. Pada pilihan ini yang anda pilih adalah Install Windows atau Enter, bukan Repair. Baru nanti setelah anda masuk installasi windows, anda pilih Repair).


Biarkan proses install windows sampai selesai. Selanjutnya jalankan file instalasi DeepFreeze versi 6. Sekarang anda bisa menguninstall DeepFreeze. Artikel seperti ini ada banyak di internet sehingga saya sendiri tidak tahu siapa penulis pertamanya. Salah satunya anda bisa melihat artikel ini di Dunia-Hacker ( http://duniahacker.blogspot.com )


- Ada juga ide lain untuk membuka proteksi DeepFreeze dengan cara mencabut baterai CMOS (seperti saat kita mereset password BIOS).


  • Selain cara-cara di atas - ada juga ide membuka password DeepFreeze dengan melakukan DisAssembler program Deepfreeze. Cara ini saya baca di forum ngeceng.com dengan topik membuka DeepFreeze. Artikel aslinya bisa anda baca di http://usuarios.arnet.com.ar/fliamarconato/

http://webs.uolsinectis.com.ar/c_delgado/


  • Saya pribadi membuka proteksi DeepFreeze yang terpassword dengan cara yang agak berbeda :


Kalau anda sudah berhasil membuka password program Lock It and Protect Pro, maka ide untuk membuka password DeepFreeze sebenarnya identik dengan cara membuka password program-program semacam itu. Intinya anda membuat file password baru - lalu anda tindihkan/gantikan file password baru itu untuk menggantikan file password lama - yang passwordnya anda lupa.


Password DeepFreeze tersimpan di file Persi0.sys yang terletak di drive C. (Untuk DeepFreeze 5.20). File ini kelihatan, tetapi tidak bisa anda akses lewat Windows jadi sebaiknya kita masuk lewat DOS Mode atau bila anda punya Linux, anda boleh juga pakai Linux. .



Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


- Install DeepFreeze di komputer lain, yang tidak ada DeepFreeze-nya. Restart komputer.



- Masukkan password sesuka hati anda, pada contoh ini anggap saja password yang saya masukkan adalah : Bakmi. Password yang isinya “Bakmi” tersebut tersimpan di file Persi0.sys yang terletak drive C. Jika tidak terlihat, pada Tools- Folder Options, pilih Show Hidden Files and Folders serta hilangkan centang pada Hide Protected Operating System. Atau cari file tersebut dengan Find.



- Selanjutnya siapkan disket/CD DOS untuk NTFS atau CD Windows XP Professional atau Linux.


- Anggap saja kita memakai CD Windows XP Professional untuk masuk DOS versi XP(Recovery Console Windows XP). Restart komputer. Set BIOS untuk boot lewat CD. Tekan enter untuk masuk CD Windows. Tunggu sampai muncul tulisan Windows XP Professional Setup. Muncul 3 pilihan : To Setup Windows XP Now, press Enter ; To repair a Windows XP installation using Recovery Console, press R ; To quit setup without installing Windows XP, press F3. Pilih/tekan R (to repair) untuk masuk ke dalam Recovery Console.


- Isikan password admin anda. Bila dulu saat anda menginstall, tidak memasang password, tinggal tekan enter. Muncul prompt : C:\Windows>


- Copi file Persi0.sys dengan nama lain. Karena file Persi0.sys menyimpan password Bakmi, maka pada contoh ini file persi0.sys saya copi menjadi Bakmi.sys.


C:\Windows> cd c:\ ---- pindah direktori ke C:

C:\>copy persi0.sys Bakmi.sys ---- copi persi0.sys dengan nama lain

C:\>exit ---- keluar


- Masuk windows normal, copikan file Bakmi.sys di komputer teman anda tersebut ke dalam CD atau USB.


- Selanjutnya masuk komputer anda yang DeepFreeze-nya terpassword. Copikan file bakmi.sys yang sudah anda buat ke dalam drive yang tidak diproteksi oleh DeepFreeze. Bila drive C diproteksi oleh DeepFreeze maka jangan masukkan bakmi.sys ke drive C, karena file ini akan dihapus oleh DeepFreeze. Anggap saja kita kopikan bakmi.sys ke drive D. Masuk DOS untuk NTFS atau Windows Recovery Console seperti cara sebelumnya. Rename file persi0.sys dengan nama lain. Copikan file bakmi.sys di drive D menjadi persi0.sys di drive C.


C:\Windows>cd c:\ ----- pindah direktori

C:\>ren persi0.sys Cp_persi0.sys ----- rename persi0.sys dengan nama lain

C:\>copy d:\Bakmi.sys c:\persi0.sys ----- copy file baru menjadi persi0.sys

C:\>exit


- Masuk Windows, Masuk program DeepFreeze(konfigurasi) : Tekan Ctrl+Shift pada keyboard sambil mengklik icon DeepFreeze di Taskbar. Muncul kotak password. Isikan dengan password yang baru saja anda buat yaitu : Bakmi. Anda sudah bisa masuk file konfigurasi, tanpa perlu menginstall ulang DeepFreeze.


- Bila anda melakukan cara yang lebih ekstrim, seperti menghapus/merename file persi0.sys tanpa menggantikannya dengan file lain maka ada resiko system menjadi tidak stabil atau icon DeepFreeze-nya malah hilang dari Taskbar. Ide-ide di atas bisa anda coba, bila DeepFreeze anda mengalami kerusakan sehingga meskipun anda ingat passwordnya tetapi program DeepFreeze itu sendiri hilang lenyap tidak tampak di Taskbar dan tidak bisa dipanggil. Kemungkinan besar ada file yang corrupt, bisa jadi file tersebut adalah file persi0.sys. Coba lakukan cara yang sama. Bila anda berani, anda boleh juga sengaja merename file persi0.sys dengan tujuan agar icon DeepFreeze tidak tampak di Taskbar tetapi proteksinya masih ada.


Untuk DeepFreeze yang lebih baru, misalnya DeepFreeze versi 6, caranya sama persis, hanya nama filenya yang agak lain.


Bila untuk DeepFreeze versi 5, nama filenya adalah Persi0.sys - Untuk DeepFreeze versi 6, nama file berisi setting password yang harus anda timpa/ganti adalah $Persi0.sys (ada dollarnya) yang terletak di drive C. Jadi anda silakan ganti saja setiap tulisan Persi0.sys pada contoh di atas menjadi $Persi0.sys bila anda memakai DeepFreeze versi 6.


Trick-trick yang terakhir ini telah berhasil saya coba memakai DeepFreeze versi 5.20 dan versi 6.20.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar